Web-GIS Weather Notice Airport Booking

Beranda BP Batam

English  English

Beranda  |   Peta Situs  |   Buletin  |  Kontak


Industri & Ekonomi
Industri & Ekonomi

Panduan Investasi

Home  >  Industri & Ekonomi  >  Investasi  >  Panduan Investasi

Pada akhir Juni 2011, Batam telah terakumulasi total sekitar US $ 14,74 miliar dalam investasi yang terdiri dari US $ 2,98 miliar dari pemerintah dan investasi US $ 11,75 miliar dari investasi swasta. Pemerintah berinvestasi dalam hal pembangunan infrastruktur. Investasi swasta terdiri lebih dari US $ 5,73 miliar dari investasi domestik, dan US $ 6.02 miliar dari investasi asing. Lebih dari 1000 perusahaan asing yang beroperasi di Batam, sementara jumlah perusahaan lokal kuarang lebih 10.000 perusahaan.

Aplikasi investasi asing diproses dengan satu atap layanan kebijakan di Batam. Semua izin dan lisensi yang diperlukan untuk memulai pembangunan diproses di bawah satu atap oleh unit layanan investasi di gedung Pusat Promosi Sumatera. Unit ini merupakan suatu kebijakan lisensi dan izin yang berkaitan dengan investasi yang meliputi kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Undang-undang Imigrasi, Tenaga Kerja, Pajak, Bea dan Cukai Kota Batam, dan Batam Industrial Development Authority. Batam juga adalah kota pertama di negara melaksanakan Pilot Project National Single Window, perangkat lunak yang diluncurkan pada akhir tahun 2006. Sistem ini bertujuan untuk mengurangi biaya serta penanganan proses ekspor impor bea cukai dan pajak & prosedur di pelabuhan Batam. Dalam jangka panjang, diharapkan produk dari Batam akan menjadi lebih kompetitif untuk pasar global.

Perusahaan yang beroperasi di Batam diperbolehkan untuk memiliki sampai 99% dari kepemilikan asing. Visa on Arrival dapat diperoleh untuk sebagian besar negara asing di Batam. Warga asing juga diperbolehkan untuk membeli dan rumah sendiri, walaupun mereka tidak bekerja di Batam. Jadi, Batam dapat menjadi rumah bagi kedua negara asing. Semua hal ini mencerminkan komitmen pemerintah Indonesia untuk sepenuhnya mendukung pembangunan Batam. Keterlibatan sektor swasta dengan dukungan kuat oleh pemerintah adalah salah satu bahan untuk pembangunan telah sukses.


Copyright 2009 - 2013 BP Batam (Badan Pengusahaan Batam). All Rights Reserved.