Web-GIS Weather Notice Airport Booking

Beranda BP Batam

English  English

Beranda  |   Peta Situs  |   Buletin  |  Kontak


Panduan Batam
Panduan Batam

Ekonomi

Home  >  Panduan Batam  >  Tentang Batam  >  Ekonomi

Kota Batam memiliki potensi maupun kemampuan aktual untuk memberi kontribusi terhadap kemajuan ekonomi Nasional maupun daerah sekitarnya. Posisinya yang sangat dekat dengan negara industri baru Singapura, membuat kawasan ini sangat berpotensi untuk menampung luapan ekonomi dari negara pulau yang sudah tergolong maju tersebut. Nilai ekonomis kawasan ini sudah tak terbantahkan sejak dikembangkan secara terencana oleh pemerintah. Sampai dengan Desember 2012, nilai ekspor nonmigas Batam adalah US $ 8.6 juta, Kepulauan Riau US $ 9.5 juta, dan Indonesia adalah US $ 153.055 juta serta Penanaman Modal Asing (PMA) adalah US $ 6.78 miliar.




Pertumbuhan ekonomi Batam pada tahun 2012 diperkirakan 7.85 % lebih tinggi dibandingkan dengan laju pertumbuhan ekonomi nasional.  Oleh karena itu wilayah ini dijadikan sebagai pemacu pertumbuhan ekonomi secara nasional maupun bagi Provinsi Kepulauan Riau. Adapun sektor penggerak ekonomi yang merupakan nadi perekonomian kota Batam meliputi sektor komunikasi, sektor listrik, air dan gas, sektor perbankan, sektor industri dan alih kapal, sektor perdagangan dan jasa. Produk yang dihasilkan tidak hanya merupakan konsumsi masyarakat Batam dan Indonesia tetapi juga merupakan komoditi ekspor untuk negara lain.

Pemerintah Kota Batam sebagai pelaksana pembangunan Kota Batam bersama-sama Dewan Perwakilan Rakyat daerah Kota Batam serta keikutsertaan Badan Otorita Batam dalam meneruskan pembangunan, memiliki komitmen dalam memajukan pertumbuhan investasi dan ekonomi Batam. Hal ini dibuktikan dengan adanya nota kesepahaman ketiga instansi tersebut, yang kemudian diharapkan terciptanya pembangunan Batam yang berkesinambungan. Batam bersama dengan Bintan dan Karimun kini telah berstatus sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan investasi di Batam yang pada akhirnya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Copyright 2009 - 2013 BP Batam (Badan Pengusahaan Batam). All Rights Reserved.