Web-GIS Weather Notice Airport Booking

Beranda BP Batam

English  English

Beranda  |   Peta Situs  |   Buletin  |  Kontak


Panduan Batam
Panduan Batam

Agama

Home  >  Panduan Batam  >  Tentang Batam  >  Agama

Enam agama besar yang paling banyak dianut di Indonesia, yaitu: Agama Islam, Kristen (Protestan) dan Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Ada juga penganut agama Yahudi, Saintologi, Raelianisme dan lain-lainnya, meskipun jumlahnya termasuk sedikit.

Menurut Penetapan Presiden (Penpres) No.1/PNPS/1965 junto Undang-undang No.5/1969 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan Penodaan agama dalam penjelasannya pasal demi pasal dijelaskan bahwa Agama-agama yang dianut oleh sebagian besar penduduk Indonesia adalah: Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Meskipun demikian bukan berarti agama-agama dan kepercayaan lain tidak boleh tumbuh dan berkembang di Indonesia. Bahkan pemerintah berkewajiban mendorong dan membantu perkembangan agama-agama tersebut.



Islam adalah agama mayoritas di Kota Batam. Di mesjid Raya Batam yang berada di tengah kota berdekatan dengan alun-alun, kantor Walikota dan kantor DPRD, sebagai simbol dari masyarakat Batam yang religius. Agama Kristen dan Katolik juga dianut oleh masyarakat Batam, terutama yang berasal dari suku Batak dan Flores.  Agama Buddha adalah agama yang paling banyak dianut oleh warga Tionghoa. Batam mempunyai kuil yang merupakan kuil terbesar di Asia Tenggara, yaitu kuil Duta Maitreya.

Copyright 2009 - 2013 BP Batam (Badan Pengusahaan Batam). All Rights Reserved.